Kamis, 18 November 2010

sistem informasi perpustakaan

Sistem Informasi Perpustakaan berasal dari pemikiran dasar bagaimana cara kita mengotomatisasi berbagai proses dalam suatu Perpustakaan. SIPERPUS atau sistem informasi perpustakaan adalah sebuah sistem yang terpadu untuk menyediakan informasi guna mendukung kinerja perpustakaan seperti operasi, manajemen, dan fungsi pengambilan keputusan.
Sistem Informasi Perpustakaan (SIPERPUS) merupakan software atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mempermudah proses pendataan koleksi perpustakaan, katalog, data anggota /peminjam, transaksi dan sirkulasi koleksi perpustakaan.
Semua sistem akan bekerja secara sistematis sehingga dapat membantu administrasi dan operasional Perpustakaan serta dapat membuat laporan yang baik dan berguna bagi manajemen perpustakaan.

Sistem Informasi Perpustakaan (SIPERPUS) merupakan sistem informasi yang  berbasis WEB (Web Based) dengan bahasa pemrograman dan database yang bersifat Open Source/Free, di mana user/klien tidak perlu lagi membeli software-software pendukung guna mengaplikasikan SIPERPUS tersebut. Dengan penggunaan teknologi Web Based, akan memudahkan penggunaan SIPERPUS tersebut dalam suatu jaringan Client-Server, baik yang bersifat Local maupun Internet/Online.
FITUR-FITUR dalam SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (1 Paket) :
·         MODUL DATA INDUK ANGGOTA
Menyediakan fasilitas untuk menambah, mengedit dan menghapus data anggota perpustakaan
·         MODUL DATA INDUK BUKU
Fasilitas untuk menambah, mengedit dan menghapus data buku-buku perpustakaan
·         MODUL DATA INDUK INVENTARIS BUKU
Digunakan untuk memasukkan data inventaris buku (fisik), seperti Nomor Inventaris, Tanggal Inventaris dan Asal Buku.
·         MODUL TRANSAKSI
Merupakan fasilitas untuk mencatat peminjaman dan pengembalian buku maupun perpanjangan peminjaman.
·         MODUL PENCATATAN BUKU HILANG/RUSAK
Pendataan buku yang hilang / rusak serta biaya penggantiannya.
·         KONFIGURASI
Konfigurasi sistem seperti jumlah maksimal peminjaman buku, lama peminjaman, denda per hari, jumlah maksimal perpanjangan buku, dll.
·         CETAK LAPORAN
- Laporan-laporan yang dapat dihasilkan, antara lain :
- Laporan Anggota Berdasar Jurusan
- Laporan Anggota Berdasar Tanggal Mendaftar
- Laporan Buku Berdasar Jurusan
- Laporan Inventaris Buku
- Laporan Peminjaman Per Periode
- Laporan Peminjaman Berdasar No. Mhs
- Laporan Pengembalian Per Periode
- Laporan Buku Yang Belum Dikembalikan
- Laporan Denda Per Periode
- Laporan Buku Hilang/Rusak, dll.
·         SETUP USER
Setting administrator dan user beserta hak akses terhadap sistem.
Pendapat saya  software ini sangat membantu dalam operasi pelayanan perpustakaan dn lebih efisien dlam waktu, karena buku yang sangat banyak pun dapat di awasi siapa yang meminjam, batas pengembalian, kondisi buku, dan lain lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar