Jumat, 18 Maret 2011

IBD (MANUSIA DAN KEBUDAYAAN)

Manusia dan kebudayaan sangatlah erat kaitannya, karena sebenarnya budaya itu terbuat atau tercipta oleh kebiasaan manusia sendiri. Manusia mengandung banyak pengertian yaitu kumpulan dari berbagai system fisik yang terkait satu sama lain, ingin memperoleh keuntungan, tidak dapat berdiri sendiri dan mahluk yang berbudaya. Ada dua pandangan yang akan di jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia.
1. Manusia terdiri dari empat unsur yang saling terkait :
Jasad, hayat, ruh dan nafs
2. Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu :
a. Id
Merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan tidak tampak atau energy psikis yang menunjukkan ciri alami yang irrasional dan terkait dengan sex.
b. Ego
Peranannya dalam menghubungkan energy Id ke dalam saluran social yang dapat di mengerti oleh orang lain.
c. Superego
Menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilkan control diri melalui system imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.
Dari uraian di atas dapat mengkaji aspek tindakan manusia dengan analisa hubungan antara tindakan dan unsure-unsur manusia. Semua unsur tersebut dapat digunakan sebagai alat analisa bagi tingkah laku manusia.

B. HAKEKAT MANUSIA
1. Mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
2. mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan mahluk lainnya
Disebut sempurna karena manusia mempunyai perasaan yang mampu menciptakan kesenian. Perasaan atau daya rasa dalam diri manusia ada dua yaitu perasaan inderawi dan
perasaan rohani. Perasaan inderawi adalah rangsangan jasmani melalui pancaindra, tingkatny rendah dan terdapat pada manusia atau binatang. Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia misalnya :
a. Perasaan intelektual atau yang berhubungan dengan pengetahuan.
b. Perasaan estetis atau yang berhubungan dengan keindahan
c. Perasaan etis atau yang berhubungan dengan kebaikan
d. Perasaan diri atau yang berhubungan dengan harga diri Karena ada kelebihan dari yang lain
e. Perasaan social atau yang berhubungan dengan hidup bermasyarakat
f. Perasaan religious atau yang berhubungan dengan agama atau kepercayaan

3. Mahluk biokultural, yaitu mahluk hayati yang budayawi
4. Mahluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya

C. PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Dua orang antropolog terkemuka yaitu Melville J. Herkovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa cultural determinism berarti segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan adanya oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu.
Kebudayaan jika dikaji dari asal kata sansekerta berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin, dari kata colere yang berarti mengolah tanah. Jadi kebudayaan adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya atau segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya di dalam lingkungannnya.

D. UNSUR – UNSUR KEBUDAYAAN
C. kluckhohn di dalam karyanya berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan bahwa ada tujuh unsur kebudayaan universal yaitu :
a. system religi atau system kepercayaan
b. system organisasi kemasyarakatan
c. system pengetahuan
d. system mata pencaharian hidup dan system-sistem ekonomi
e. system teknologi dan peralatan
f. bahasa
g. kesenian
cultural universal tersebut dapat dijabarkan lagi ke dalam unsur-unsur yang lebih kecil yaitu cultural activity. Cultural activity dapat dibagi lagi menjadi unsur-unsur yang lebih kecil lagi yang disebut trait complex.
Masalah lain yang juga penting tentang kebudayaan adalah wujudnya. Pendapat umum mengatakan, bahwa kebudayaan dapat dibedfakan dalam dua bentuk wujudnya, kebudayaan bendaniah (material) dan rohaniah (spiritual).

E. WUJUD KEBUDAYAAN
Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai tiga wujud yaitu :
a. Kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia :
Wujud ini disebut system budaya sifatnya abstrak tidak dapat dilihat dan berpusat pada kepala manusia yang menganutnya.
b. Kompleks aktivitas
Wujud ini sering disebut system social yang terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang berinteraksi.
c. Wujud sebagai benda
Aktivitas manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari berbagai penggunaan peralatan sebagai hasil karya manusia untuk mencapai tujuannya.

F. PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Terjadinya perubahan kebudayaan ini disebabkan oleh beberapa hal :
a. Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk
b. Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup
Perubahan social adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi system sosialnya.
Sedangkan perubahan kebudayaan terjadi apabila suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada unsur-unsur suatu kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa.

G. KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Pada dasarnya manusia dan kebudayaan berkaitan satu sama lain, jika tidak ada manusia maka tidak ada suatu budaya. Pada kondisi sekarang ini kita tidak dapat lagi membedakan mana yang lebih awal muncul manusia atau kebudayaan. Analisa terhadap keberadaan keduanya harus menyertakan pembatasan masalah dan waktu agar analisa lebih cermat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar