Jumat, 18 Maret 2011

(IBD) MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

A. PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Pada dasarnya tanggung jawab adalah wajib menanggung segala sesuatunya atau kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja.
Setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab, seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan atas segala perbuatan dan akibatnya dan atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam.
Bila di teliti tanggung jawab adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.

B. MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB
1. Tanggung jawab pada diri sendiri
Maksudnya adalah menuntut tiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam menjalani kegiatannya sehari-hari.
2. Tanggung jawab terhadap keluarga
Maksudnya adalah seorang bapak atau kepala rumah tangga wajib memberi nafkah terhadap keluarganya dan seorang ibu yang bertanggung jawab untuk mendidik anaknya selama kepala rumah tangga itu mencari nafkah dan seorang anak yang bertanggung jawab memberi hasil dan prestasi terhadap orang tua yang telah bertanggung jawab terhadap ia dan membesarkannya, itulah yang disebut tanggung jawab kepada keluarganya.
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Manusia adalah mahluk social yang pasti hidup pasti ketergantungan dengan orang lain. Tanggung jawabnya untuk membantu sesama tetangga.
4. Tanggung jawab kepada bangsa atau Negara
Manusia juga harus bertanggung jawab terhadap Negara ini misalnya bertanggung jawab menjaga dan melestarikan lingkungan serta bertanggung jawab untuk membayar pajak.
5. Tanggung jawab terhadap tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, manusia wajib bertanggung jawab menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Jadi semua orang yang diciptakan ke bumi ini pasti mempunyai suatu tanggung jawab yang harus dijalankan sesuai dengan kesadaran masing-masing manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar