Jumat, 18 Maret 2011

PENTINGNYA AIR

Air adalah sumber kehidupan, kata-kata itu memanglah benar adanya. Air sangat penting untuk tubuh dan kegiatan sehari-hari. Untuk tubuh misalnya jika kita jarang mengkonsumsi air putih, VIVAnews - Sekitar separuh orang dewasa dan remaja di Indonesia mengalami dehidrasi ringan. Angka ini diperoleh dari hasil penelitian The Indonesian Hydration Study (THRIST) yang dilakukan pemeriksaan urine secara laboratorium terhadap 1200 sampel di 6 wilayah, di Jakarta, Lembang, Surabaya, Malang, Makasar dan Malino. Faktor terjadinya dehidrasi ringan ini adalah ketidaktahuan dan kesulitan akses memperoleh secara fisik dan ekonomi memperoleh air minum. “Enam dari 10 responden (60 persen) tidak mengetahui bahwa diperlukan minum lebih banyak bagi ibu hamil dan menyusui serta bagi orang yang berada dalam lingkungan dingin,” kata Ketua Umum Pergizi pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir Hardinsyah yang ditemui dalam konfrensi pers Simposium “Hydration and Health” di Hotel Sahid jaya, Jakarta, Minggu 21 Maret 2010.

Herdinsyah pun mengimbau, jangan anggap enteng kekurangan air pada tubuh. Meski terkadang banyak dianggap orang sebagai hal sepele, namun dehidrasi yang banyak dialami anak remaja ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Penelitian-penelitian mutakhir pun mengindikasikan bahwa kurangnya asupan air bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti batu ginjal, infeksi saluran kencing, kanker usus besar , konstipasi, obesitas pada anak dan remaja, hipertensi dan tromboemboli vena, penyakit jantung, stroke, hiperglikemik diabetik ketoasidosis, glaukoma, gangguan fungsi kelenjar ludah serta gangguan kesehatan lansia secara umum.
Air juga penting untuk kehidupan sehari-hari misalnya untuk memasak, mandi, mencuci dan lain-lain. Air bersih dan sehat sangatlah dibutuhkan, taukah anda air yang dikonsumsi yang menurut anda bersih ternyata masih terdapat beberapa bakteri. Jadi kita harus lebih waspada jika mengkonsumsi air.
Untuk mengurangi penyakit didalam tubuh sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi air putih sebelum anda haus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar